TIPS MEMBELI KEYBOARD BAGI PEMULA

Ketika anda akan membeli keyboard ada baiknya anda mempertimbangkan dengan masak anda akan membeli keyboard merk apa?, harganya berapa?, fasilitas keyboardnya bagaimana ? dan kegunaan keyboard itu nantinya?

Mungkin beberapa point berikut ini dapat menjadi pertimbangan ketika anda akan membeli keyboard.

Jika anda seorang pemula dan anda tidak terlalu mempunyai banyak uang, ada baiknya anda membeli keyboard yang murah dulu tapi dengan fasilitas yang lumayan. Anda jangan membeli keyboard yang mahal dulu, karena ditakutkan baru beberapa bulan anda belajar keyboard kemudian anda bosan. Kalo anda sudah bosan tentunya anda akan jarang bermain keyboard. Sayang jika anda punya keyboard mahal tapi jarang dimainkan, lebih baik uang yang terbuang itu digunakan untuk yang lain.

Nanti kalo anda sudah pintar bermain keyboard silahkan anda tukar tambah dengan yang lebih bagus.

Tapi jika anda seorang yang kaya, silahkan anda membeli keyboard yang mahal2. Karena semahal-mahalnya keyboard yang anda beli, uang tabungan anda tetap banyak........

Bagaimana menentukan keyboard murah dengan fasilitas bagus. Menurut pengalaman saya keyboard yang punya fasilitas yang bagus, keyboard itu harus mempunyai fasilitas disk drive ( atau orang bilang keyboard yang sudah pakai disket ). Karena keyboard yang sudah punya fasilitas disket, style yang ada dalam keyboard terus dapat diupdate mengikuti perkembangan jaman.

Banyak kasus ketika orang membeli keyboard yang tidak ada disketnya, orang tersebut cepat bosan dengan keyboardnya. Hal itu karena style yang ada di keyboard tidak bisa dirubah-rubah ( diupdate ).

Ketika anda akan membeli keyboard, bandingkan merk satu dengan merk yang lain, dan juga bandingkan fasilitas yang ada pada merk tersebut.

Contoh : Merk A, fasilitas sama dengan merk B, tapi merk A harganya lebih murah dengan merk B. Saran saya anda beli yang merk A lebih dulu.

Jangan terlalu memandang merk, karena dalam bermain keyboard keindahannya akan tampak dalam skill anda memainkan keyboard bukan pada merknya.

Ini pengalaman saya ketika membeli keyboard.

Keuangan saya waktu itu tidaklah kuat, bahkan bisa dikatakan minus. Akhirnya saya spekulasi bahwa saya harus mempunyai pekerjaan sambilan untuk menambah keuangan rumah tangga. Saya putuskan untuk membeli keyboard untuk usaha organ tunggal dan kursus piano.

Akhirnya saya beranikan diri pinjam di bank 5 juta dengan dicicil selama tiga tahun. Keuangan rumah sudah minus, ditambah cicilan yang 5 juta tadi... pasti tambah minus.

Akhirnya saya beli keyboard dibawah harga 5 juta, tapi bisa untuk fasilitas organ tunggal. Saya beli keyboard dengan merk yang tidak terkenal, tapi kalo untuk organ tunggal kualitasnya lumayan sih.....

Alhasil per bulan uang hasil organ tunggal bisa untuk menutup cicilan, bahkan bisa menambah penghasilan. Bahkan kalo hitung-hitung semua penghasilan tersebut, dalam jangka waktu tidak ada setahun saya sudah balik modal.

Coba bayangkan jika saya membeli keyboard merk terkenal dengan harga 10 – 15 juta. Pasti saya pusing memikirkan uang cicilannya.

2 komentar
  1. Wong Mbiru Singosari Malang 31 Januari 2010 01.25  

    Saya kebetulan sudah 4 tahun beli Keyboard Casio CT730 yg sudah ada disket untuk memasukkan style yang sampai 10buah, tetapi saya merasakan masih kurang OK dengan fasilitas dan kemampuan yg dimilikinya, kalo mau yang kemampuannya bagus tapi harga relatif murah punya saran Dong?
    OK makasih banyak sebelumnya

    Widiharso3@gmail.com

  2. produk elektronik casio 16 Februari 2011 22.40  

    Makanya bos kalau mau beli barang elektronik jangan yang kelewat kemurahan. Masa yang harganya 1 juta disamain dengan 5 juta. Pasti lain lah spesifikasinya. Kalo barang elektronik cari yang canggih boss yang spesifikasinya ok, pasti harganya ok. Bisa dipakai 20 tahun yang akan datang atau diwariskaa. Alias barangnya tidak ketinggalan zaman. Misalnya beli ctk-7000 dengan privia ,pasti lain lah. gityu lho salam dari http://casioproduk.blogspot.com/. sumber merek casio ada disini. Mau merek lain juga ada, koq bisa sih yah namanya distributor pasti ada kerjasam dengan perusahaan distributor lainnya lha. Gityu aja repot. Yang lain kagak bakalan bisa. buktikan sendiri